Fandom tentunya adalah sesuatu yang sering kita dengan setiap saat apalagi saat kita sedang scrolling sosial media dan banyak orang yang mengatakan "Saya Fandom Blablabla". Tapi apakah kalian tahu apa itu Fandom?
Fandom faktanya adalah istilah di dalam bahasa Inggris yang punya arti kepenggemaran, atau dapat juga kalian sebut sebagai “himpunan atau basis dari fans”.
Tentunya kita seringkali menyukai sesuatu dengan kuat hingga membuat kita melakukan apa saja dengan kegemaran kita itu yang kita dedikasikan untuk menunjukan betapa setianya kita pada hal yang sangat kita gemari.Akhir-akhir ini kita dikagetkan dengan laku kerasnya Produk MacDonald yang bekerja sama dengan BTS dalam pemasaran Produknya dan menyebutkan sebagai Spesial Produk. Sampai-sampai produk dari MacDonald tersebut laku keras dan habis dalam waktu satu hari.
Nah, Fandom juga bermanfaat bagi Marketing apabila diteliti dan ditelaah dengan baik. Kita bisa lihat betapa besarnya Fandom BTS atau yang sering disebut "ARMY" ini sangat kuat dan solid yang membuat produk kolaborasi dengan artis yang mereka favoritkan laku keras.
Hal ini saya sebut sebagai Umpan Bergizi dimana produsen atau perusahaan tahu betapa solidnya dan betapa besarnya sebuah fandom hingga membuat mereka rela mengeluarkan uang demi menunjukan Royalitas yang mereka ingin tunjukan.