Temui Kominfo, Facebook Sepakati Tiga Hal - Gemsoftial

Wednesday 2 August 2017

Temui Kominfo, Facebook Sepakati Tiga Hal


Gemsoftial  -  Facebook akan mendirikan kantor di Indonesia bulan ini. Hal ini merupakan hasil pertemuan Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Facebook.

"Sebelum tanggal 17-an akan dibuka," kata Dirjen Aptika Semuel A. Pangerapan di Kemenkominfo, usai pertemuan tersebut, Rabu (2/8). 

Dari penuturan Semuel, kantor pertama Facebook akan bertempat di wilayah Jakarta Selatan. Kantor tersebut akan menaungi kegiatan bisnis Facebook selama beroperasi di Indonesia.

Selama ini Facebook belum memiliki kantor perwakilan. Sebagai gantinya, operasional mereka di sini diwakili oleh perwakilan saja.

"Nanti bentuknya PT," imbuh Semuel.

Semuel mengatakan pembicaraan terkait ini dengan Facebook sudah mulai sejak Maret lalu. Sejumlah penyesuaian memaksa proses berlarut hingga Agustus.

Dua poin lain yang disepakati dalam pertemuan tadi adalah penyesuaian Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KLBI) dan cara penanganan konten negatif.

Penyesuaian KLBI sebagai butir kesepakatan dilakukan agar Facebook segera mendaftarkan diri ke sektor periklanan sehingga proses penagihan pajak bisa dilakukan. Hal ini perlu dilakukan karena KLBI versi teranyar baru dirilis Mei kemarin.

Sementara penanganan konten negatif, bagian dari keinginan pemerintah menggandeng semua perusahaan OTT (over the top) asing yang beroperasi di Indonesia agar responsif menghalau konten negatif seperti terorisme dan pornografi.

Pembicaraan tadi juga melibatkan kewajiban pajak yang harus diurus oleh Facebook. Seperti diketahui, perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini punya utang yang belum dibayarkan selama beroperasi di Indonesia.

Facebook mendapat izin prinsip dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada Maret lalu berupa manajemen konsultasi. Pada kenyataannya bisnis Facebook di Indonesia meliputi periklanan.

Pertemuan Kemenkominfo dengan Facebook dihadiri oleh Menteri Rudiantara dan perwakilan Facebook Asia Pasifik yakni Alvin Tan dan Jeff Wu.

Share with your friends