Boikot Produk Francis bukan Ide yang Bagus - Gemsoftial

Sunday 1 November 2020

Boikot Produk Francis bukan Ide yang Bagus


Tentunya sekarang kita dikagetkan oleh pernyataan yang Kontroversial yang diucapkan oleh Presiden Francis yang secara terang-terangan melecehkan dan mencoreng nama baik Nabi Muhammad SAW. Tentunya ini memancing kemarahan umat muslim termasuk saya sendiri.

Dengan terang-terangan saya amat mengecam tentang perkataan Kontroversialnya ini. Saya amat marah tapi saya tetap memegang Idealisme saya untuk selalu menyelesaikan masalah dengan kepala dingin dan tidak terpancing oleh nafsu semata.


Tentunya saya juga terfikir untuk memboikot Produk-produk yang berasal dari Francis. Tapi saya befrikir ulang tentang pemikiran saya ini. Karena saya juga seorang Buruh Pabrik. Kok bisa karena anda seorang buruh pabrik? Baiklah akan saya jelaskan.


1. Banyak Produk yang di-boikot bermitra dan mendirikan Pabrik di Indonesia.

 Ketika Boikot produk berlangsung. Mungkin banyak dari Produk Francis yang sudah mendirikan Pabrik dan berinvestasi diindonesia. Tentunya ini menjadi masalah inti daripemboikotan ini. Karena saya juga pekerja pabrik jadi mengerti apa yang terjadi ketika Planning pabrik menurun bahkan produksi dihentikan karena permintaan pasar yang lesu.

Yang tentunya akan berefek pada buruh lokal yang bekerja dipabrik yang perusahaanya berasal dari Francis, dan kemungkinan akan ada pemuntusan kontrak kerja apabila produsksi dan permintaan pasar menurun atau bahkan tidak ada kemajuan sama sekali. Hal ini dapat menyebabkan ratusan pekerja yang bekerja dipabrik Francis yang sudah mendirikan pabrik di Indonesia akan terganggu karena mereka akan mengalami Pemutusan Kontrak kerja karena pembikotan produk ini.


2. Muncul Kluster baru Pengangguran

Tentunya tidak akan semengerikan ini bila Pemboikotan ini hanya berlangsung sebentar. Tapi, jika berlangsung dengan lama maka akan banyak pabrik dari Francis yang bermitra di Indonesia akan menutup pabriknya atau memutus kontrak kerja karyawannya karena produksi yang kian menurun karena Pemboikotan ini.


3. Akan banyak UMKM yang dirugikan

Ketika pemboikatan ini berlangsung. Bukan hanya pengusaha dari Francis yang dirugikan, tapi UMKM kita yang menjual produk makanan dan minuman dari Francis akan dirugikan.
Contohnya Produk Aqua. Produk ini telah lama menjadi produk yang dijual oleh UMKM untuk dijajahkan pada pejalan kaki atau pengemudi agar tidak mengalami dehidrasi. Tapi Aqua adalah Produk yang berasal dari Francis. Jika pemboikatan ini berlangsung lama. Bisa saja UMKM yang menjual Produk Aqua mengalami kerugian akibat Pemboikatan ini.

Intinya adalah mari kita pikirkan bersama-sama tentang Pemboitan ini. Antara Positif dan tentu Negatifnya. Kemungkinan ini bisa membuat ekonomi Francis lemah. Tapi tetap Ekonomi kita juga akan terganggu dengan adanya pemboikan ini. Apalagi saat ini kita sedang dalam masa kritis akibat Pandemi Wabah Covid-19.

Share with your friends